Mengerti.id - Dalam kehidupan sehari-hari, manajemen waktu sangat diperlukan agar menjadi pribadi yang lebih baik.
Produktif bisa membuat kehidupan seseorang menjadi lebih profesional di dunia pekerjaan maupun kehidupan pribadi.
Keterampilan manajemen waktu bisa menjadi langkah untuk meningkatkan produktivitas harian secara keseluruhan.
Maka dari itu, berikut cara mudah agar bisa mencapai kesuksesan melalui manajemen waktu:
Baca Juga: 5 Cara Manajemen Waktu yang Wajib Diterapkan Agar Hidup Lebih Bahagia dan Bermanfaat
1. Membuat list atau catatan harian sebagai pengingat agar tidak terlupa
Hal ini dapat membantu agar dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk hari ini dan kedepannya.
Pada catatan harian juga bisa dituliskan tugas prioritas yang harus dikerjakan agar tidak terlewat. Dengan cara tersebut, tidak akan ada hal penting yang terlewat.
2. Menentukan prioritas pekerjaan yang lebih penting untuk dikerjakan terlebih dahulu
Pekerjaan atau tugas yang akan dilakukan tidak selalu memiliki kepentingan yang sama.
Sangat penting untuk menentukan prioritas pekerjaan agar lebih efektif dan fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan.
3. Membuat planner di kalender sebagai pembatas waktu atau deadline
Setelah menentukan prioritas tugas, sangat penting juga untuk membuat planner di kalender setelahnya.
Jadwalkan tugas prioritas tersebut ke dalam kalender agar bisa memperkirakan waktu yang cukup untuk mengerjakannya.
Baca Juga: 6 Ide Kegiatan Produktif saat Libur Sekolah dan Tahun Baru untuk Tingkatkan Kualitas Diri, Sudah Coba?