Mengerti.id – Mencetak file Excel kebanyakan membuat orang bingung dalam segi pengaturan agar tidak terpotong, berikut tips ampuh agar hasil print rapi.
Sebelum itu akan lebih baik memahami terlebih dahulu seperti apa cara kerja Excel pada bagian print file yang baik dan benar.
Pada cara kerja Excel terdapat fitur yakni pengecekan file yang akan dicetak, nah dari sinilah secara terperinci file akan terlihat terpotong atau tidak jika dicetak.
Baca Juga: Ternyata Gampang Banget, Ini Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Android Hanya dalam 7 Langkah
Selain itu pengaturan margin ataupun tulisan juga biasanya mampu mempengaruhi rapi atau tidaknya hasil cetakan file Excel.
Dilansir Mengerti.id dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti dalam hal merapikan file Excel agar tidak terpotong.
1. Mengatur ukuran kertas
Baca Juga: Cara Menghapus File Telegram di Android, Solusi Memori Hp Penuh!
Agar lebih mudah mengetik dan mencetak file Excel, akan lebih baik jika terlebih dahulu mengatur ukuran kertas yakni dengan cek tab “Page Layout”.
2. Sesuaikan margin halaman
Atur margin pada halaman di file Excel dengan cara pilih tab “Page Layout” dan klik margin. Setiap ukuran berbagai tepi harus dicek semua dan dicoba serta dilihat apakah tidak terpotong.
Baca Juga: Kamu Nanya Tanda Tiga Orang di WA untuk Apa? Ini Penjelasannya!
3. Mengatur orientasi halaman
Selanjutnya yaitu mengatur orientasi halaman file Excel yang akan dicetak dengan cara klik “Page Layout” dan pilih “Potrait” atau “Landscape”.