lifestyle

Cara Mengatasi Culture Shock di Dunia Kerja Sebagai Karyawan Baru

Rabu, 18 Januari 2023 | 22:19 WIB
7 Cara mengatasi culture shock di dunia kerja sebagai karyawan baru. (Unsplash/Jason Goodman)

Mengerti.id - Culture shock atau kejutan budaya adalah sebuah kondisi ketika seseorag merasa gelisa, bingung, dan cemas ketika baru pindah ke sebuah lingkungan yang baru.

Culture shock di dunia kerja bisa diartikan adalah perasaan kaget dengan lingkungan pekerjaan yang berbeda dari tempat kerja sebelumnya atau karyawa baru sebagai fresh graduate (Baru lulus sekolah).

Culture tentu saja hal yang sangat wajar jika dialami setiap orang yang baru pertama kali kerja atau yang sudah pernah bekerja di tempat sebelumnya.

Baca Juga: Culture Shock Orang Jepang Saat Tiba di Indonesia

Namun, perasaan tidak nyaman dan kegelisahan yang ditimbulkan akibat culture shock akan lebih baik jika segera diatasi.

Berikut ini adalah cara mengatasi culture shock di dunia kerja seperti dikutip Mengerti.id dari unggahan video kanal YouTube Workerspedia yang berjudulKaryawan Baru Pasti Mengalami "CULTURE SHOCK" - Solusinya !? pada 11 Maret 2022.

1. Lakukan Observasi

Sebelum memasuki sebuah tempat kerja yang baru, alangkah baiknya untuk mengetahui bagaimana medan yang akan kita hadapi baik peraturannya, rekan kerja, hingga budaya di lingkungan yang baru tersebut.

Anda perlu untuk menggali lebih dalam tentang segala hal yang menjadi bagian dari tempat kerja yang hendak Anda masuki.

Baca Juga: Pengalaman Culture Shock Orang Jepang di Indonesia Selama Dua Bulan, Nomor 8 Paling Bener Sih

2. Berinteraksi dengan Baik dan Benar

Ketika sudah mulai bekerja di tempat yang baru, cobalah untuk berinteraksi dengan rekan kerja dengan cara yang baik dan benar.

Lebih baik untuk mengontrol perasaan untuk menunjukkan siapa diri Anda terlebih dahulu agar tidak mendapatkan kesan yang kurang baik dari rekan kerja.

3. Bersikap Ramah dan Sopan

Halaman:

Tags

Terkini