Mengerti.id - Surat izin tidak masuk kerja umumnya dibutuhkan oleh karyawan perusahaan yang berhalangan masuk kerja karena alasan tertentu, contohnya sakit. Tapi tidak semua karyawan bisa membuatnya karena masih kebingungan.
Oleh karenanya, mempelajari contoh surat izin tidak masuk kerja mulai dari sekarang sangat dibutuhkan, untuk berjaga-jaga jika suatu hari ada keperluan mendesak yang membuat berhalangan hadir ke tempat kerja.
Dalam pembuatannya, surat izin tidak masuk kerja harus memakai format formal agar terlihat profesional karena suratnya akan diteruskan ke bagian HRD atau pihak yang bertugas memantau kehadiran karyawan.
Baca Juga: Cara Menulis Surat Izin Sekolah yang Baik dan Benar, Beserta Langkah-Langkah dan Contohnya
1. Hal yang Perlu Diperhatikan
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat izin tidak masuk kerja adalah:
- Format yang digunakan harus formal.
- Menggunakan bahasa baku.
- Alasan izin dijabarkan secara singkat, padat, dan jelas.
- Disertai berkas pendukung, contohnya adalah surat keterangan dokter apabila izin karena sakit.
2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Seperti apa contoh surat izin tidak masuk kerja? Inilah contohnya:
Perihal: Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Lampiran: Surat Keterangan Dokter
Yang terhormat,
Tim HRD
PT XXXXX
Jl. XXXXX
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: XXXXX
Nomor Induk Karyawan: XXXXX
Jabatan: XXXXX
Alamat: XXXXX
Dengan ini saya mohon izin tidak masuk kerja pada tanggal 17-23 April 2023 karena sakit. Sehubungan dengan ini, saya juga melampirkan surat keterangan sakit dan anjuran beristirahat dari dokter.