Mengerti.id - Surat izin sekolah merupakan surat yang berisi keterangan yang ditujukan kepada suatu sekolah mengenai alasan ketidakhadiran siswa.
Pembuatan surat izin sekolah harus sesuai kebenaran yang menunjukkan alasan ketidakmampuan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Bagi pihak sekolah surat izin sekolah merupakan hal yang penting untuk mengetahui alasan dan keperluan siswa yang tidak bisa mengikuti proses belajar disekolah.
Baca Juga: 5 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Lewat WA
Tidak ada format khusus dalam penulisan surat izin sekolah, yang terpenting adalah surat memuat dengan jelas informasi dan keterangan yang ingin disampaikan.
Format surat izin sekolah yang baik dan benar biasanya menuliskan tempat dan tanggal surat, tujuan surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan pengirim surat.
Adapun langkah-langkah dalam menulis surat izin sekolah yang baik dan benar adalah sebagai berikut:
1. Tulislah tempat dan tanggal pembuatan surat pada bagian kiri surat.
2. Tulislah tujuan surat yang dituju dan nama sekolah di bawahnya.
3. Tulislah salam pembuka surat yang sopan.
4. Mulailah menulis isi surat dengan menyebutkan informasi tentang siswa yang bersangkutan, tanggal ketidakhadiran dan keterangan alasan ketidakhadiran siswa.
5. Penutup surat ditulis dengan ucapan terima kasih dan salam penutup.
6. Tulislah pengirim surat dan sebagai penanggung jawab pada bagian bawah surat.
7. Sertakan dokumen tambahan seperti surat dokter jika diperlukan.
Baca Juga: Cara Mengetahui Kata Sandi Facebook yang Terlupakan
Contoh Surat Izin Sekolah
(kota tempat tinggal, tanggal pembuatan surat)
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas (kelas siswa)
(nama sekolah)
Salam,
Dengan ini saya orangtua/wali murid dari: