Mengerti.id - Surat lamaran kerja adalah hal yang penting dan harus diperhatikan saat melamar pekerjaan selain daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV).
Surat ini berisi permohonan resmi untuk bekerja di suatu perusahaan, lembaga, atau instansi yang disertai beberapa lampiran dokumen pendukung.
Surat lamaran kerja menjadi poin penting di bagian awal karena isinya dapat menentukan kelolosan ke tahap rekrutmen berikutnya. Pelamar harus dapat mempromosikan diri dengan benar melalui surat lamaran kerja agar menjadi nilai tambah dalam penilaian HRD perusahaan yang dituju.
Persaingan dalam melamar pekerjaan kini semakin besar karena banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun lapangan kerja terbatas.
Oleh karena itu, surat lamaran kerja juga harus dibuat dengan menonjolkan kelebihan sesuai dengan persyaratan yang diberikan pada lowongan pekerjaan agar mendapat perhatian dari HRD.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Cara membuat surat lamaran kerja pada umumnya sama dan isinya dapat disesuaikan dengan kualifikasi pelamar dan persyaratan dari perusahaan yang dituju.
Berikut ini cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar dilirik oleh HRD atau tim rekrutmen perusahaan tujuan.
1. Penulisan tanggal dan tempat
Hal pertama yang dituliskan pada surat lamaran kerja adalah tanggal dan tempat yang diposisikan di bagian kanan atas atau kiri atas berkas dengan lengkap tanpa disingkat.
Baca Juga: Cara Mudah dan Cepat untuk Screenshot di Laptop Windows Tanpa Menggunakan Aplikasi
2. Tujuan surat
Berikutnya adalah nama dan jabatan penerima surat yang didahului dengan kata-kata 'Yth' atau 'Yang terhormat' dengan penulisan rata kiri.