Mengerti.id - BRI atau PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menunjukkan aksi nyata dalam mendukung akselerasi industri halal nasional dengan menjadi banking partner pada ajang Halal Indonesia International Industry Expo (Halal Indo) 2025. Pameran ini sukses digelar pada 25–28 September 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.
Selama 4 hari penyelenggaraan Halal Indo 2025, acara ini sukses mencatatkan jumlah pengunjung sebanyak lebih dari 25 ribu atau berada di atas target 15 ribu yang ditetapkan penyelenggara.
Pengunjung event Halal Indo 2025 bukan hanya berasal dari Indonesia tapi juga berasal dari mancanegara seperti Tiongkok, Finlandia, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Filipina, Turki, Uzbekistan, Afghanistan, Korea Selatan, Albania, India, hingga Yordania.
Selain itu, ajang ini juga mencatatkan realisasi penjualan sebesar Rp7,7 miliar serta berhasil mendapatkan komitmen investasi sebesar Rp7,2 triliun.
Baca Juga: Ajak Generasi Muda Jaga Lingkungan, BRI Peduli Peringati Hari Sungai Sedunia dengan Aksi Nyata
Dhanny selaku Corporate Secretary BRI menjelaskan bahwa partisipasi BRI dalam perhelatan berskala internasional ini bukan hanya untuk dukungan terhadap industri halal, namun juga strategi perseroan untuk memperluas ekosistem transaksi digital di Indonesia.
“BRI konsisten untuk mendukung penguatan ekosistem halal melalui solusi finansial digital yang inklusif. Kami percaya, industri halal Indonesia masih memiliki potensi besar untuk bersaing di kancah global, dan UMKM merupakan motor penggeraknya. Kehadiran BRI di Halal Indo 2025 adalah bukti nyata komitmen kami dalam menghubungkan UMKM halal ke pasar yang lebih luas sekaligus memperluas literasi dan inklusi keuangan masyarakat,” ujarnya.
Selama pameran digelar, BRI turut menghadirkan berbagai program menarik, mulai dari “Perbanyak Transaksi BRImo” dengan hadiah langsung bagi nasabah, hingga promo cashback hingga 20% di merchant F&B serta cashback 10% di merchant non-F&B menggunakan QRIS BRI.
Inisiatif ini berhasil mendapatkan sambutan hangat dari pengunjung karena tidak hanya menghadirkan keuntungan langsung, tetapi juga mendorong perubahan perilaku transaksi menuju cashless society yang lebih aman, praktis, dan efisien.
Selain memperkuat literasi digital, BRI juga memanfaatkan momentum ajang Halal Indo 2025 untuk memberdayakan UMKM halal binaan BRI yang telah siap naik kelas.
Beberapa UMKM unggulan tampil memamerkan produk-produk berkualitas di ajang Halal Indo 2025, antara lain Roka Collection (Tangerang) dengan sofa dan kerajinan rotan, Urban Factor (Depok) dengan produk tas dan fashion pria, Liyan Indonesia (Jakarta) dengan fashion wanita dan batik, Kaula Snack Indonesia (Subang) dengan produk olahan snack halal, serta Ria Jewellery (Jakarta Timur) dengan perhiasan dan aksesoris halal lifestyle.
UMKM binaan BRI tersebut tidak hanya memperoleh akses permodalan melalui KUR dan pembiayaan komersial BRI, tetapi juga telah terintegrasi dengan layanan digital perbankan seperti BRImo, QRIS, dan berbagai fasilitas transaksi lainnya.
Dengan dukungan tersebut, BRI memastikan UMKM halal mampu memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing di tingkat global.
Apresiasi terhadap BRI juga datang dari Eko S.A. Cahyanto selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, yang menyampaikan rasa bangga atas kesuksesan Halal Indo 2025.