Cegah Potensi Penyalahgunaan Data Pribadi, BRI Perkuat Literasi Keamanan Transaksi Bagi Nasabah

photo author
- Rabu, 26 November 2025 | 10:38 WIB
BRI Terus Edukasi Nasabah Pentingnya Menjaga Kerahasiaan Data Transaksi Perbankan. (BRI)
BRI Terus Edukasi Nasabah Pentingnya Menjaga Kerahasiaan Data Transaksi Perbankan. (BRI)

Mengerti.id - Di tengah meningkatnya aktivitas perbankan digital, BRI atau PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus memperkuat literasi keamanan bagi nasabah untuk mencegah potensi penyalahgunaan data pribadi.

Meski layanan digital menawarkan kemudahan, BRI menegaskan bahwa perlindungan informasi tetap menjadi prioritas melalui peningkatan sistem keamanan serta edukasi berkelanjutan kepada nasabah.

Sebagai dasar dalam menjaga keamanan transaksi, perlindungan data pribadi menjadi aspek yang tidak dapat ditawar. Nasabah diingatkan agar tidak membagikan informasi sensitif seperti Personal Identification Number (PIN), password, maupun One Time Password (OTP) kepada pihak mana pun.

BRI menekankan bahwa perseroan tidak pernah meminta data pribadi nasabah melalui telepon, pesan singkat, maupun media sosial.

Baca Juga: Momentum Hari Guru Nasional, BRI Peduli Hadirkan Bantuan dan Apresiasi untuk SDN Sukamahi 02 Megamendung

Dhanny selaku Corporate Secretary BRI mengungkap dengan tegas bahwa keamanan digital merupakan bagian penting dari penguatan layanan BRI. Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan setiap transaksi nasabah berlangsung aman dan terlindungi.

“Keamanan dan kenyamanan nasabah merupakan prioritas utama BRI. Kami mengajak seluruh nasabah untuk selalu berhati-hati terhadap pesan atau tautan mencurigakan, serta tidak membagikan data transaksi yang bersifat rahasia seperti PIN atau OTP kepada pihak mana pun. Kami juga mengimbau agar nasabah menggunakan PIN dan kata sandi yang kuat, tidak menggunakan pola mudah ditebak seperti tanggal lahir atau urutan angka berulang, serta menggantinya secara berkala untuk menjaga keamanan data nasabah,” ujar Dhanny.

“BRI mendorong nasabah untuk memanfaatkan berbagai fitur keamanan yang tersedia, seperti autentikasi biometrik, verifikasi dua langkah (Two-Factor Authentication/2FA), pembaruan aplikasi secara berkala, dan notifikasi transaksi. Langkah-langkah tersebut menjadi bagian penting dari penguatan kontrol untuk menjaga keamanan transaksi digital di tengah meningkatnya risiko penyalahgunaan data,” tambah Dhanny.

Nasabah dianjurkan untuk memperoleh informasi dan mengakses layanan hanya melalui kanal resmi BRI, seperti situs www.bri.co.id dan akun media sosial terverifikasi, antara lain Instagram @bankbri_id, Facebook BANK BRI, serta Twitter/X @BANKBRI_ID, @promoBRI, @kontakBRI, dan TikTok @bankbri_id.

Untuk kebutuhan layanan maupun penyampaian pengaduan, nasabah dapat menghubungi Contact BRI di 1500017 atau memanfaatkan layanan WhatsApp asisten virtual SABRINA melalui nomor 0812 1214 017.***

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Sukma Lydia Anggita

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X