Mengerti.id - Pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2024 yang berlangsung pada tanggal 27-29 September 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit telah dinanti-nantikan oleh banyak pihak.
Tak ingin ketinggalan momen istimewa ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) turut memeriahkannya.
Seperti dikatahui, Indonesian GP 2024 ini merupakan salah satu sport tourism unggulan yang diharapkan dapat mendorong kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pun mengungkapkan pentingnya ajang MotoGP dalam memperkenalkan Indonesia ke kancah internasional.
Baca Juga: BRI Meriahkan World Clean Up Day, Beri Pelatihan Pengelolaan Sampah dan Mesin RVM di Mandalika
"Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP Mandalika merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan berbagai pihak, yang akan mengangkat nama Indonesia dalam event-event kelas dunia, khususnya dalam sport tourism," kata Sandiaga.
Oleh sebab itu, Kemenparekraf pun menghadirkan aktivasi promosi brand Wonderful Indonesia di dalam area sirkuit dan sekitarnya.
Sementara itu, data dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menunjukkan bahwa lebih dari 102.929 penonton hadir selama event MotoGP Mandalika 2023, dan Kemenparekraf menargetkan jumlah penonton tahun ini dapat melampaui angka tersebut.
"Ini adalah momentum yang efektif untuk promosi. Kehadiran Wonderful Indonesia di MotoGP Mandalika diharapkan dapat meningkatkan visibilitas pariwisata Indonesia di mata dunia," kata Sandiaga.
"Target kami adalah menarik lebih banyak penonton internasional daripada tahun lalu," lanjutnya.
Brand Wonderful Indonesia juga akan tampil di berbagai saluran media, termasuk 119 media partner menjangkau lebih 200 negara yang menyiarkan langsung ajang MotoGP Mandalika.
"Brand Wonderful Indonesia akan muncul dalam berbagai format, termasuk TV track, parc fermé, dan truck riders parade yang akan membawa para Pembalap berkeliling sirkuit sebelum balapan dimulai," tambah Sandiaga.
Brand Wonderful Indonesia juga terlihat pada signage dan umbul-umbul di titik strategis area Mandalika.
Sementara itu, saat berada di Mandalika, Sandiaga juga sempat bertemu dengan para Riders dan owner dari Dorna Sports.