Rayakan 1 Dekade Perjalanan, Shopee Hadirkan Fuji, Batik Kanthil, dan Kintakun Jelang Puncak 12.12 Birthday Sale

photo author
- Minggu, 7 Desember 2025 | 08:31 WIB
Shopee Rayakan Satu Dekade Mengukir Cerita Pertumbuhan. (dok.istimewa)
Shopee Rayakan Satu Dekade Mengukir Cerita Pertumbuhan. (dok.istimewa)

Mengerti.id - Selama sepuluh tahun perjalanan Shopee, tak terhitung kisah yang tercipta di dalam ekosistemnya. Ada pelaku usaha yang memulai dari mimpi kecil, pengguna yang menemukan cara baru untuk memenuhi kebutuhan, hingga kreator yang berhasil membangun komunitas lewat konten pertamanya.

Puncak 12.12 Birthday Sale pada 12 Desember 2025 akan menjadi ajang selebrasi bagi seluruh pihak yang telah berperan dalam perkembangan ini.

Rangkaian penawaran spesial, kejutan dan kolaborasi eksklusif, serta cerita inspiratif melalui video khusus disiapkan untuk memperingati satu dekade pertumbuhan dan dampak positif yang dibangun bersama pengguna, UMKM, kreator, dan mitra Shopee.

Adi Rahardja selaku Senior Director of Business Development Shopee Indonesia mengatakan, “Perjalanan sepuluh tahun ini bukan hanya tentang Shopee, melainkan tentang mereka yang turut berkontribusi dan tumbuh bersama kami. Melihat teknologi fitur, dan program yang kami hadirkan membuka jalan bagi pengguna untuk berkembang, hal ini sangat berarti bagi kami. Di momen satu dekade ini, kami merayakan pencapaian melalui berbagai rangkaian, seperti diluncurkannya serial dokumenter ‘Melestarikan Warisan Budaya’ di YouTube Shopee Indonesia, promo menarik sepanjang kampanye 12.12 Birthday Sale, serta keseruan lainnya sebagai bentuk apresiasi bagi seluruh ekosistem yang telah mempercayai kami.”

Merayakan satu dekade lewat kisah penjual lokal & kolaborasi spesial

Selama sepuluh tahun terakhir, Shopee telah menjadi tempat bernaung bagi beragam penjual lokal dan pelaku UMKM yang berkembang bersama. Meski masing-masing memiliki perjalanan yang berbeda, mereka dipertemukan dalam satu platform yang mendorong pertumbuhan melalui teknologi.

Pada perayaan satu dekade ini, Shopee mengapresiasi perjalanan tersebut melalui beragam kegiatan, termasuk peluncuran serial dokumenter global ‘Melestarikan Warisan Budaya’ yang menampilkan Batik Kanthil sebagai perwakilan UMKM Indonesia, serta kolaborasi produk eksklusif—salah satunya bersama Kintakun—untuk memberikan pengalaman istimewa bagi para pengguna.

Batik Kanthil: Perjalanan Melestarikan Warisan Budaya

Melalui kisah penuh semangat dan ketekunan, Batik Kanthil membuktikan bahwa sebuah usaha yang sempat mengalami cobaan besar bukan berarti berakhir. Setelah kebakaran menghanguskan toko fisiknya, tekad untuk bertahan jauh lebih besar.

Ahmad Musa selaku Owner Batik Kanthil memilih untuk bangkit, memodernisasi bisnisnya dari motif dan model hingga cara berjualan, agar batik tetap relevan dan dicintai generasi masa kini.

Kehadiran Shopee pun menjadi titik balik, sejak bergabung pada 2020, Batik Kanthil sukses mencatat peningkatan pesanan lebih dari 50 kali lipat. Lewat Program Ekspor Shopee, Batik Kanthil kini bisa menjangkau Malaysia, Singapura, dan Thailand.

“Tidak hanya membantu memperluas jangkauan, Shopee membawa kami pada hal yang lebih besar. Kami bisa lebih dekat dengan pelanggan, menjawab pertanyaan secara langsung, berdiskusi secara real-time lewat fitur interaktif Shopee Live. Hasilnya Shopee Live menyumbang hampir 45% dari total pesanan Batik Kanthil. Dan kini kami bisa memiliki studio live streaming khusus. Tentunya berjalan bersama Shopee dalam meraih kesuksesan bisnis kami adalah sebuah kehormatan, apalagi kami bisa membawa cerita tentang batik Pekalongan secara ke seluruh dunia melalui video spesial ‘Melestarikan Warisan Budaya’. Seperti yang terlihat dalam video tersebut, Shopee benar-benar menjadi rumah sekaligus titik balik usaha kami,” ungkap Musa.

Kintakun: Kolaborasi Spesial Ulang Tahun ke-10 Shopee

Menjadi bagian dari perjalanan panjang Shopee sejak pertama kali bergabung pada tahun 2015, Kintakun juga ikut berpartisipasi dalam merayakan momen istimewa ulang tahun ke-10 Shopee.

Menandai perjalanan yang penuh arti ini, Kintakun menghadirkan kolaborasi spesial yang dirancang dengan penuh penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna melalui Kintakun Sprei Set Special Shopee Birthday, koleksi edisi terbatas yang unik berbentuk jeruk berwarna oranye.

Vincent Saputera selaku Marketing Director of Kintakun mengatakan, “Shopee telah menjadi mitra penting bagi Kintakun sejak memulai penjualan online. Berbagai program dan fitur interaktif Shopee juga memberikan dampak signifikan pada penjualan kami, seperti saat exclusive launch produk Kintakun di Shopee yang mendapat antusiasme tinggi dan habis terjual hanya dalam 1 hari. Maka dari itu, untuk merayakan ulang tahun ke-10 Shopee, kami hadirkan produk eksklusif ini sebagai ungkapan terima kasih. Kami berharap kolaborasi ini terus berlanjut, dan kedepannya lebih banyak inovasi dari Shopee yang membuka kesempatan bagi Kintakun dan brand lokal lainnya untuk tumbuh bersama.”

Semarak 10 tahun Shopee di kemeriahan puncak 12.12 Birthday Sale

Menjadi bagian dari perayaan satu dekade ini, Shopee juga menggandeng Fuji Utami sebagai wajah utama dalam iklan Shopee 12.12 Birthday Sale dan seorang Shopee Affiliate. Fuji mewakili semangat generasi muda yang antusias dalam memanfaatkan inovasi teknologi yang Shopee hadirkan.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Sukma Lydia Anggita

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Korea Selatan dan Taiwan Bersatu Hadapi Tarif Chip AS?

Senin, 24 November 2025 | 14:55 WIB
X