Berkat Dukungan BRI, UMKM Madu Lokal BeeMa Honey Tembus Pasar Internasional

photo author
- Selasa, 17 Juni 2025 | 16:56 WIB
UMKM Madu Lokal Binaan BRI Tembus Pasar Global. (BRI)
UMKM Madu Lokal Binaan BRI Tembus Pasar Global. (BRI)

Mengerti.id - Melalui berbagai inisiatif pembinaan berkelanjutan, BRI atau PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara konsisten mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dan menembus pasar global.

Dukungan yang diberikan BRI mencakup akses pasar, pelatihan, hingga fasilitasi promosi. Salah satu mitra binaan yang menunjukkan capaian positif dari program pembinaan ini adalah BeeMa Honey, produsen madu artisan premium yang kini mulai menjangkau pasar internasional.

Pada tahun 2017, BeeMa Honey mulai dirintis dan resmi berbadan hukum sebagai Perseroan Terbatas pada 2019. Nama BeeMa terinspirasi dari tokoh Bima dalam kisah pewayangan Jawa, dimana nama ini merepresentasikan nilai kejujuran, integritas, dan kepercayaan.

Fransisca Natalia Widowati selaku Pemilik BeeMa Honey mengungkapkan bahwa kolaborasi BeeMa Honey dengan BRI telah membuka banyak peluang untuk pengembangan usahanya.

Baca Juga: BRI Fellowship Journalism 2025 Kukuhkan 45 Jurnalis Penerima Beasiswa S2, Bukti Nyata Dukung Pers Berkualitas

“Kami pertama kali berhubungan dengan BRI melalui kegiatan UMKM Expo(RT) pada 2019 dan saat itu masuk 10 besar kategori makanan siap ekspor. Sejak itu kami rutin diundang dalam pameran yang difasilitasi BRI, dan produk kami beberapa kali dibeli oleh BRI untuk dijadikan cenderamata,” ujarnya.

Mengusung merek BEEMA HONEY dan BEEMA WELLNESS, pengusaha UMKM ini memproduksi madu mentah berkualitas tinggi dari berbagai jenis lebah termasuk lebah budidaya, lebah hutan, dan lebah Trigona atau lebah tanpa sengat.

Seluruh produk BeeMa Honey telah tersertifikasi Halal, BPOM, NKV, serta HACCP, dan telah melalui proses pengujian laboratorium terakreditasi untuk menjamin mutu dan keamanan konsumsi.

Salah satu pencapaian terbaru BeeMa Honey adalah partisipasinya dalam FHA Food & Beverage 2025 yang digelar di Singapura pada 8 hingga 11 April 2025.

Dalam ajang FHA Food & Beverage 2025, BeeMa Honey memperkenalkan produk unggulannya kepada audiens internasional dan berhasil menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra strategis.

Brand BeeMa Honey juga telah dipercaya oleh pelaku industri hospitality, termasuk sejumlah hotel berbintang di Singapura.

Fransisca Natalia Widowati menambahkan bahwa respon pengunjung terhadap produk BeeMa Honey di ajang FHA Food & Beverage 2025 sangat positif.

“Banyak yang tidak menyangka bahwa Indonesia bisa menghasilkan madu yang istimewa dengan cita rasa yang tidak kalah, bahkan lebih baik dari madu-madu negara lain. Dengan maraknya isu pemalsuan madu, banyak masyarakat meragukan keasliannya. Setelah mencoba BeeMa Honey, mereka mendapatkan banyak pencerahan dan jatuh cinta pada madu dari Indonesia,” ujarnya.

Kisah kesuksesan brand BeeMa Honey menunjukkan bahwa akses yang tepat dan pendampingan yang konsisten dapat mendorong UMKM lokal untuk menembus pasar global.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Sukma Lydia Anggita

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Korea Selatan dan Taiwan Bersatu Hadapi Tarif Chip AS?

Senin, 24 November 2025 | 14:55 WIB
X