Mengerti.id - BRI atau PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mencatatkan lonjakan aktivitas transaksi melalui jaringan AgenBRILink di tengah upaya mendorong inklusi dan literasi keuangan nasional.
Masyarakat mencatatkan transaksi melalui AgenBRILink sebanyak 540 juta transaksi dengan total volume transaksi mencapai Rp843 triliun di sepanjang Januari hingga Juni 2025.
Transaksi keuangan melalui AgenBRILink tersebut dilayani oleh 1,22 juta agen yang tersebar di 67 ribu desa di seluruh Indonesia. Agen-agen ini yang menjangkau masyarakat hingga ke pelosok negeri.
Capaian luar biasa tersebut tidak hanya mencerminkan besarnya aktivitas ekonomi di tingkat lokal, tetapi juga sebagai bukti konkret bahwa layanan perbankan BRI hadir secara nyata dan mudah diakses hingga level grassroot.
Baca Juga: Program KDMP Dinilai Beri Dampak Positif, Analis Pertahankan Rekomendasi BBRI
Hery Gunardi selaku Direktur Utama BRI menyampaikan bahwa capaian AgenBRILink disebabkan oleh pengaruh kuat dari fondasi jaringan agen melalui sistem yang andal, aman, dan efisien.
Selain menjadi saluran layanan keuangan untuk masyarakat, model keagenan ini juga membuka peluang usaha baru bagi masyarakat lokal, khususnya di wilayah yang belum terjangkau jaringan kantor bank.
AgenBRILink juga memberikan kontribusi positif terhadap kinerja BRI dengan seiring meningkatnya volume transaksi dan kepercayaan masyarakat.
Layanan AgenBRILink membukukan pendapatan non-bunga (fee based income) sebesar Rp787 miliar di sepanjang paruh pertama tahun 2025.
“Kami melihat AgenBRILink bukan hanya sebagai saluran distribusi layanan perbankan, tetapi sebagai simpul ekonomi yang menjangkau jutaan masyarakat hingga ke desa-desa. Melalui jaringan ini, masyarakat bisa mengakses layanan keuangan secara mudah dan langsung ke sistem perbankan nasional. Dalam jangka panjang, hal ini tak hanya memperkuat inklusi keuangan, tetapi juga menjadi sumber pertumbuhan berkelanjutan bagi BRI, termasuk dalam penghimpunan dana murah (CASA),” ujar Hery.
Guna mewujudkan peran tersebut secara nyata, BRI pun terus memperkuat kesiapan layanan di lapangan. Dalam operasionalnya, AgenBRILink senantiasa hadir melayani kebutuhan transaksi keuangan masyarakat, bahkan saat periode hari libur sekalipun.
Di mana, layanan yang tersedia melalui AgenBRILink mencakup berbagai transaksi harian seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, dan telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, pengisian saldo BRIZZI, setoran pinjaman, hingga layanan referral untuk pembukaan rekening tabungan Basic Saving Account (BSA) dan pengajuan pinjaman.
Lebih lanjut, AgenBRILink kini turut menyediakan beragam layanan tambahan yang relevan sebagai upaya untuk terus memaksimalkan kemanfaatan bagi masyarakat.
Di antaranya adalah penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, hingga pembelian tiket perjalanan seperti bus, shuttle, kereta api, hingga kapal feri.