Mengerti.id - AgenBRILink tetap menjadi kepecayaan masyarakat dalam mengakses layanan keuangan di tingkat lokal. Salah satunya AgenBRILink LQQ yang berlokasi di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Arga Makmur, Bengkulu Utara, berhasil menjadi pusat transaksi keuangan warga sekaligus mitra bagi koperasi-koperasi di sekitarnya.
Meski baru dua tahun resmi beroperasi yakni sejak 16 Agustus 2023, AgenBRILink LQQ milik Ujang Mahmudi ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan.
Awalnya hanya melayani masyarakat dengan sarana seadanya di sebuah container box, kini Ujang Mahmudi mampu membangun sebuah ruko yang lebih nyaman dan aman bagi nasabah.
“Alasan membuka usaha jadi AgenBRILink ya karena ingin mempermudah masyarakat di sini yang rata-rata pedagang pasar. Mereka itu kan butuh transaksi cepat, mudah, aman. Selain itu, untuk saya saat buka AgenBRILink, tentu ingin ada sumber pendapatan tambahan lainnya,” jelas Ujang.
Baca Juga: Naik Kelas Bersama KUR BRI, Pedagang Nanas di Bandar Lampung Ini Sukses Kembangkan Produk Olahan
Layanan transaksi yang disediakannya AgenBRILink LQQ milik Ujang Mahmudi ini beragam, mulai dari setoran, tarik tunai, pembayaran tagihan rutin, hingga pencairan dana dengan nilai transaksi yang bisa mencapai ratusan juta rupiah per hari.
Tak heran, selain banyak individu datang ke tempatnya untuk bertransaksi, sejumlah koperasi juga kerap memanfaatkan layanan ini untuk melakukan setoran dan pembayaran tagihan bulanan rutin.
Tidak hanya itu, mereka bahkan turut mengarahkan anggotanya untuk melakukan pencairan maupun penarikan dana melalui AgenBRILink milik Ujang Mahmudi ini.
Alhasil, ramainya aktivitas dari masyarakat maupun koperasi tersebut membuat AgenBRILink LQQ milik Ujang Mahmudi selalu ramai setiap harinya. Meskipun begitu, bagi Ujang, kondisi tersebut bukan beban, justru jadi peluang untuk memberi manfaat lebih luas bagi lingkungan sekitar.
Alih-alih kewalahan karena keramaian bisnisnya, Ujang pun memilih untuk memberdayakan empat pemuda setempat untuk bekerja sebagai kasir bergantian, dimana dua orang melayani nasabah pada shift pagi hingga siang hari, sementara dua lainnya bertugas pada sore hingga malam hari.
Menurutnya, pola kerja ini bukan hanya memastikan layanan tersedia sepanjang hari, tetapi juga menjadi cara sederhana untuk membuka lapangan kerja bagi anak-anak muda di sekitarnya.
“Sebagian dari mereka adalah mahasiswa yang memanfaatkan waktu luang di sela kuliah untuk bekerja sebagai kasir. Hal ini menjadi cara kami untuk bisa membantu warga sekitar dan menciptakan lapangan kerja,” ucap Ujang.
Secara terpisah, Dhanny selaku Corporate Secretary BRI menegaskan bahwa AgenBRILink hadir untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan keuangan, lantaran salah satu kekuatan utama BRI adalah menjangkau lapisan masyarakat luas hingga pelosok negeri.
“Melalui inisiatif ini, BRI terus memperkuat komitmennya menghadirkan layanan keuangan yang inklusif dan merata, sejalan dengan upaya mendorong literasi dan inklusi keuangan nasional,” ujar Dhanny.