Mengerti.id - BRI kembali menorehkan prestasi luar biasa di kancah internasional dan menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.
Forbes baru saja merilis Forbes The Global 2000 Tahun 2023 yang berisikan daftar 2.000 perusahaan publik terbesar di dunia berdasarkan penjualan (sales), laba (profit), aset (assets), dan nilai pasar (market value).
Sejumlah Badan Usaha Milik Negara atau BUMN dan perusahaan asal Indonesia turut menjadi bagian dalam daftar tersebut. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menjadi peringkat teratas di antara perusahaan-perusahaan di Indonesia.
Baca Juga: BRI Jadi Brand Paling Bernilai di Indonesia Versi Brand Finance 2023
Secara internasional, BRI menempati peringkat 307. Posisi ini cukup meningkat jika dibandingkan pencapaian tahun lalu, yakni peringkat 349 dunia.
Mengutip situs resmi Forbes, terdapat 8 perusahaan Indonesia yang masuk daftar Forbes The Global 2000 Tahun 2023, yaitu:
1. BRI (307)
2. Mandiri (418)
3. BCA (462)
4. Telkom (787)
5. BNI (930)
6. Bayan (983)
7. Adaro (1.393)
8. Garuda Indonesia (1.572).
Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan prestasi tersebut merupakan bukti bahwa pihaknya mampu menjaga kinerja positif yang berkelanjutan dengan manajemen risiko yang sangat terukur.
"Hal ini tentu menjadi prestasi bagi perseroan, di tengah ketidakpastian ekonomi global, BRI tetap mampu menjaga kinerja positif. Hal tersebut diraih BRI dengan kembali fokus pada pemberdayaan dan penyelamatan segmen UMKM di masa sulit, serta menjadi mitra strategis pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional," tutur Sunarso.
"Oleh karena itu, sangat layak jika prestasi tersebut didedikasikan bagi seluruh nasabah BRI dan Insan BRILiaN (pekerja BRI) di seluruh Indonesia," lanjutnya.
BRI terbukti menghasilkan catatan impresif pada 4 indikator penilaian. Mulai dari segi profit yang mencapai US$3,45 miliar atau Rp51,4 triliun secara tahunan (year on year/ yoy). Selain itu, dari sisi assets BRI juga mencatatkan US$119,84 miliar atau Rp1.865,64 triliun, tumbuh double digit sebesar 11,18% yoy dari tahun sebelumnya.
Dari segi penjualan (sales) BRI telah mencatatkan angka sebesar US$13,16 miliar atau sekira Rp195,8 triliun, dan market value BRI mencapai sebesar US$53,79 miliar atau Rp799,2 triliun.
Baca Juga: Tiket Pertandingan Indonesia vs Argentina untuk Nasabah BRI Hanya Beberapa Jam Ludes Terjual