Dorong Literasi Finansial Generasi Muda, BRI Bagikan Tips Cerdik Kelola Keuangan

photo author
- Sabtu, 13 September 2025 | 16:26 WIB
BRI Bagikan Tips Cerdas Kelola Keuangan untuk Generasi Muda. (BRI)
BRI Bagikan Tips Cerdas Kelola Keuangan untuk Generasi Muda. (BRI)

Mengerti.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam mengupayakan peningkatan literasi finansial di tengah masyarakat, khususnya generasi muda yang lekat dengan teknologi.

BRI menghadirkan pemahaman keuangan yang mudah diterapkan guna membentuk perilaku finansial yang sehat sejak dini melalui pendekatan edukasi yang sederhana dan aplikatif.

Aquarius Rudianto selaku Direktur Network & Retail Funding BRI menyampaikan pentingnya membangun pemahaman dasar mengenai pengelolaan uang sejak usia muda sebagai langkah awal menuju kemerdekaan finansial.

Aquarius Rudianto menekankan pengelolaan keuangan perlu dimulai dengan langkah sederhana, contohnya seperti membuat klasifikasi pengeluaran.

Baca Juga: Berdayakan Warga Binaan Pemasyarakatan, BRI dan Kemenimipas Kolaborasi Bangun BLK di Nusakambangan

“BRI mendorong masyarakat untuk menerapkan prinsip pengelolaan keuangan yang terstruktur. Secara sederhana, alokasi pengeluaran dapat dikategorikan ke dalam empat pos utama, yaitu kebutuhan primer, investasi atau tabungan, hiburan, serta dana cadangan. Komposisi dari masing-masing pos dapat diatur sesuai kemampuan dan prioritas. Dengan adanya klasifikasi yang jelas ini, setiap rupiah yang dibelanjakan memiliki tujuan yang terukur sehingga dapat menghindarkan masyarakat dari pengeluaran yang kurang prioritas,” ujarnya.

BRI konsisten menghadirkan layanan perbankan yang aman agar masyarakat dapat menabung dengan rasa tenang. Peningkatan sistem keamanan terus dilakukan untuk memastikan dana nasabah tersimpan dengan baik sekaligus memberi kenyamanan dalam bertransaksi.

Sebagai bagian dari industri jasa keuangan yang highly regulated, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dituntut menjalankan standar perlindungan yang tinggi dan berkelanjutan.

Kepercayaan tersebut semakin kuat karena PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI juga menjadi peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menjamin dana masyarakat sesuai ketentuan.

Di sisi lain, nasabah diimbau untuk tidak membagikan informasi seperti user ID dan password, serta rutin memperbarui kata sandi sebagai langkah perlindungan tambahan.

Aquarius Rudianto juga menambahkan bahwa membangun kepercayaan terhadap layanan digital menjadi bagian penting dari penguatan industri perbankan modern.

Digitalisasi memungkinkan layanan diberikan dengan lebih cepat, luas, dan mudah sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.

“Di tengah tantangan keamanan digital, BRI menegaskan bahwa transformasi digital merupakan sebuah keniscayaan. Kanal digital menjadi sarana penting bagi perbankan untuk menghadirkan layanan yang cepat, luas, dan mudah diakses, tanpa batasan waktu maupun tempat. Melalui BRImo, nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari transfer hingga pembelian produk investasi, kapan saja dan di mana saja. Inilah bentuk kemudahan layanan digital yang BRI hadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern,” pungkasnya.

BRImo sebagai super apps mencatat pertumbuhan impresif sebesar 21,2% secara year-on-year sehingga total pengguna mencapai 42,7 juta user hingga akhir Juni 2025.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Sukma Lydia Anggita

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Korea Selatan dan Taiwan Bersatu Hadapi Tarif Chip AS?

Senin, 24 November 2025 | 14:55 WIB
X