Mengerti.id - Seiring beralihnya strategi penjualan dari offline ke online, sederet e-commerce berlomba-lomba menjadi tempat belanja terbaik, tidak terkecuali TikTok dan Shopee.
Saat ini TikTok dan Shopee menjadi tempat belanja online yang sangat digandrungi, khususnya oleh para kaula muda.
Selain menawarkan harga yang cenderung lebih murah daripada belanja offline, TikTok dan Shopee juga memiliki fitur live shopping yang berguna bagi para seller.
Baca Juga: Live TikTok Shop Ungguli Shopee, Tawarkan Keamanan, Harga Barang Murah Meriah, Hingga Gratis Ongkir
Tetapi, belakangan TikTok menjelma platform music video sekaligus e-commerce dengan popularitas yang sangat besar, hal ini tentunya berdampak bagi para seller yang ingin melakukan live shopping.
Di Indonesia, platform music video asal Tiongkok yang kini juga merambah e-commerce tersebut memiliki ratusan juta pengguna.
Bahkan menurut kabar terbaru, Indonesia merupakan negara dengan pengguna TikTok terbesar kedua di dunia, tidak kurang dari 113 juta orang telah menginstallnya.
Bagi calon seller yang ingin melakukan live shopping, berikut perbandingan potensi penjualan di TikTok Shop dan Shopee yang bisa jadi pertimbangan.
1. Penawaran Fitur
Sebagai platform yang awalnya menyajikan konten music video, TikTok memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna dan para seller.
TikTok Shop terintegrasi dengan platform TikTok yang biasa diakses penggunanya untuk menonton ragam video menarik.
Baca Juga: 5 Rekomendasi Situs Belajar Online yang Gratis, Dijamin Terpercaya!
Selain itu, aplikasi besutan Shou Zi Chew juga menawarkan pajak yang lebih rendah terhadap seller, yakni 4 persen, sedangkan Shopee 5 persen.
Kendati demikian, Shopee yang sejak awal memang fokus menjadi e-commerce memberikan kemudahan serta fleksibelitas dalam hal metode pembayaran.